Autofokus error lensa canon 18-55

autofokus error lensa canon 18-55

autofokus error lensa canon 18-55

Autofokus error lensa canon 18-55 menjadi salah satu pertanyaan yang sering masuk ke blog ini oleh sebab itu dalam bahasan kali ini akan dikupas tuntas seputar error dan solusi memperbaikinya (service) pada lensa kit bawaan /paketan body pabrikan kamera yang identik dengan warna merah ini.

Jika permasalahan tersebut dibawa ketempat service kamera (tempat service kamera alternative non resmi) biasanya dikenakan biaya perbaikan antara 150 – 300 ribu termasuk sekalian dibersihkan optiknya.

Namun lain halnya jika ingin belajar atau memperbaiki sendiri dengan resiko ditanggung sendiri penjelasan selanjutnya mungkin dapat membantu.

Dari beberapa kasus autofokus error pada lensa canon 18-55 dapat dijelaskan sebagai berikut:

Autofokus error lensa canon 18-55 – Lensa tidak bisa autofokus – Autofokus mati.

Ciri-ciri/Tandanya:

  1. Kamera tidak bisa mengunci fokus secara otomatis (kadang tidak bisa jepret) pada objek yang dibidik sementara switch fokus sudah berada pada posisi AF, sementara jika switch dipindah pada mode MF bisa jepret tapi gambar cenderung blur/tidak fokus.
  2. Lensa hanya bisa autofokus pada FL (Focal Length) tertentu misalnya diatas FL 35mm ketas bisa fokus sementara dibawah niai FL tersebut tidak bisa fokus atau sebaliknya.
  3. Lensa kadang mau fokus kadang juga tidak.
  4. Indikator F (Diafragma) pada layar display Normal (3,5 dst) bukan 0 (nol)
  5. Tidak muncul notifikasi atau keterangan error pada layar display.
Baca Juga  Tips cara merawat agar lensa kamera tidak jamuran

Solusi:

Kerusakan atau error yang ditandai atau dengan ciri-ciri diatas sebagain besar disebabkan oleh kabel flexibel autofokus yang rusak. Kerusakan yang bisa saja terjadi adalah kabel putus total atau kabel putus sebagian sehingga menimbulkan bermacam pengaruh pada kinerja autofokus lensa. Sebagai informasi didalam sebuah kabel fleksibel terdapat beberapa jalur kabel berukuran mini yang setiap jalurnya menghubungkan bagian masing-masing, jika salah satunya saja putus memiliki efek tertentu.

Sparepart Fleksibel autofokus Canon 18-55 secara umum ada 2 jenis.

  1. Untuk tipe yang sudah IS I atau IS II sama
  2. Untuk tipe yang baelum IS

Perhatikan gambar berikut:

autofokus error lensa canon 18-55

autofokus error lensa canon 18-55

Harga sparepart Autofokus lensa Canon 18-55:

Baca Juga  Cara memperbaiki flexibel autofokus lensa Canon 18-55

– Bisa di beli di lapak-lapak online seperti Buka**pak, Kask** dan lain sebagainya. Pilih penjual yg punya reputasi baik. Harga per piece (1 buah) mulai dari 16ribuan – sampai 150 ribuan, ingat ada harga ada kualitas.

Bagi yang ingin belajar atau memasang dan mengganti sendiri feksibel autofokus bisa baca tutorialnya disini.

Leave a Reply