Begini cara memegang kamera dslr yang baik dan benar

Cara memegang kamera dslr

Tutorial cara memegang kamera yang baik dan bener (Foto: www.sandrophoto.com)

Dengan mengetahui cara memegang kamera dslr yang baik dan benar akan sangat membantu anda dalam hal memperoleh kestabilan dan kenyamanan dalam memotret yang pada ahirnya akan memberikan hasil foto yang lebih maksimal dan tajam.

Bahasan ini terkadang sedikit terkesan konyol, namun hal-hal mendasar ini sering kali terlewatkan sehingga menyebabkan permasalahan dalam mempelajari hal-hal selanjutnya mengenai dunia fotografi dikemudian hari.

Sebagai bahan pembelajaran, berikut ini akan diberikan beberapa tips dan video tutorial dalam menjelaskan tehnik penggunaan kamera.

Berikut tips cara memegang kamera dslr yang baik:

  1. Hal pertama yang harus diingat adalah  bahwa anda harus memegang kamera semantap dan senyaman mantap, percuma kan kalau pegangannya mantap namun tidak nyaman?.
  2. Pegang body kamera dengan tangan kanan dan tahan/pegang lensa dengan menggunakan tangan kiri.
  3. Jaga agar siku anda bersandar ringan terhadap tubuh untuk menahan beban.
  4. Sesuaikan jarak lebar antara kedua belah kaki sebagai tumpuan untuk menjaga stabilitas tubuh bagian atas.
  5. Gunakan juga tangan kiri sebagai dudukan lensa agar dapat membantu menahan berat kamera. Kamera Dslr yang bebannya lebih berat biasanya akan lebih mantap untuk dalam urusan keseimbangan.
  6. Hindari memegang lensa dengan tangan kiri pada bagian atas lensa, hal ini membuat kurang stabil dan fleksibel terutama ketika akan memindahkan kamera dalam sesi pemotretan.
  7. Ketika anda telah siap mengambil gambar, tekan tombol pelepas rana (shutter) setengah saja untuk mendapatkan fokus. Setelah fokus di dapat arahkan titik point ke objek yang akan dijadikan fokus utama. Setelah dapat tekan secara penuh tombol shutter sehingga merekam sebuah gambar. Dengan cara ini gambar yang dihasilkan akan lebih tajam.
  8. Jika anda memotret pada kecepatan lambat (1/100 atau lebih rendah) coba temukan sesuatu yang dapat digunakan sebagai sandaran siku atau tubuh anda (pohon, dinding, dsb), hal ini untuk mengurangi gambar menjadi blur/kurang tajam akibat gerakan. Hal ini juga melatih anda untuk tidak selalu tergantung untuk menggunakan tripod.
  9. Peganglah kamera sekokoh mungkin, dan imbalannya anda kan mendapatkan gambar yang lebih tajam.
  10. Jangan anggap remeh tali gantungan kamera (strap) usahakan selalu pada posisi terpasang (safety) terutama pada sesi pemotretan di area outdor sebagai pengaman jika kamera terjatuh karena terlepas dari pegangan.
Baca Juga  Tips dan Panduan membeli lensa kamera bekas

Berikut video tutorial cara memegang kamera dslr yang baik :

Itulah tips cara memegang kamera dslr yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply