Tips mudah mengecek jamur di lensa kamera DSLR part 1

cara cek jamur di lensa kamera dslr

cara cek jamur di lensa kamera dslr

Tips mudah cara cek jamur di lensa kamera dslr sebelum kamu memutuskan untuk “dicuci” atau dibersihkan ketempat service kamera kepercayaan anda. Tips ini lebih di fokuskan untuk lensa-lensa dslr yang bisa di bongkar pasang pada bodi kamera, namun tidak dibatasi juga pada tipe kamera saku namun hasilnya kurang presisi.

Pada tahapan tertentu lensa yang telah ditumbuhi jamur mengakibatkan kinerja lensa menjadi tidak maksimal atau bahkan mengecewakan.

Beberapa contoh efek lensa berjamur diantaranya:

  • Kamera lebih susah fokus atau autofokus jadi sedikit lebih lambat dari biasanya (lemot)
  • Hasil foto keliatan soft atau kurang tajam
  • Hasil gambar terlihat seperti ada kabutnya
  • Ketika memotret melalui jendela bidik (view vinder) pandangan terlihat seperti ada kabut.

Sebelum lebih lanjut pembahasan mengenai cara cek jamur di lensa kamera dslr simak beberapa pertanyaan yang sering muncul berikut:

Kapan sebaiknya lensa yang berjamur dicuci atau dibersihkan?

Dari beberapa teknisi service mengatakan hal tersebut relatif, pada tahapan lensa berjamur ringan (hanya terdapat beberapa titik-titik kecil bakal jamur dengan ukuran lebih kecil dari kepala korek api) selama belum memberikan efek fungsi dan hasil yang signifikan pada kamera/foto bisa cukup diatasi dengan menyimpannya di dalam dry box. (Baca: Cara membuat Dry Box Kamera sendiri ). Langkah ini dilakukan untuk mematikan atau membatasi pertumbuhan jamur.

Baca Juga  Autofokus error lensa canon 18-55

Mengapa demikian? Mencuci lensa berarti membongkar struktur dalam sebuah lensa, apalagi jika posisi jamur berada pada kaca optik paling dalam memiliki resiko adanya pergesaran antar komponen pada saat bongkar pasang yang bisa saja mempengaruhi kinerja lensa nantinya. Jadi ada pertaruhan disini, maka jika masih pada tahap jamur ringan coba diatasi dengan metode diatas.

Jika tidak di cuci atau dibersihkan apa efeknya buat lensa?

Efeknya selain yang telah dijelaskan diatas, pada tahap parah dengan jumlah jamur hampir menyelimuti seluruh lapisan optik ketika  di cuci atau dibersihkan dikhawatirkan bagian Coating (Bagian yang warna-warni jika lensa di terawang) akan ikut terangkat/atau terkelupas dari kaca optik. Jika bagian coating terlepas/terangkat tentu saja akan mengurangi performa dari lensa itu sendiri, bagian ini sangat pengaruh sekali dalam hal memfilter cahaya, warna, contras dan lain nya yang masuk kedalam kamera.

Baca Juga  Ini cara membuat drybox kamera sendiri, mudah dan murah

Pada tahap terparah mungkin saja lensa akan menjadi berkabut (FOG). Hal ini ditandai dengan jika diterawang dengan mata ke dalam optik kamera pandangan tidak clear seperti ada kabutnya. Kasus ini biasanya agak sulit untuk diselesaikan, kecuali dengan dilakukan pergantian part pada optik yang berkabut dengan nilai harga yang tentunya sangat fantastis dibandingkan dengan hanya biaya dicuci.

Berapa sih biaya jasa atau ongkos cuci lensa :

Jawabannya juga relatif, tergantung tempatnya. Hasil survei beberapa tempat service kamera di kawasan Pasar Baru Jakpus.

Lensa Kit Canon 18-55 :100-200 ribu
Lensa 18-135 : 200-300 Ribu
Lensa Canon 17-40 : 200-400 Ribu
Lensa Tele Canon 70-200 : 400- 600 rb

Cara cek jamur di lensa kamera dslr Bersambung ke bagian 2.

Leave a Reply