Shutter Count kamera Dslr, pengertian, cara cek dan seberapa penting?

Cara cek Shutter Count kamera. Foto Nikkonrumors.com)

Cara cek Shutter Count kamera. (Foto Nikkonrumors.com)

Sebelum membahas mengenai cara cek shutter count kamera dslr baik nikon, canon dan merk lainnya, terlebih dahulu mari kita pahami pengertian, serta pengaruhnya terhadap kamera istilah yang satu ini. Hal ini menjadi penting bagi mereka yang sedang berburu kamera bekas, Kenapa? hampir secara umum semakin tinggi jumlah shutter count kamera maka harga jualpun semakin turun sekalipun dengan tahun pembuatan lebih muda.

Shutter count bisa diibaratkan seperti jumlah kilometer di speedometer mobil. Masing-masing kendaraan mempunyai batas usia pakai berbeda pada sparepartnya. Semakin sering digunakan maka semakin tinggi jumlah kilometernya yang berarti semakin cepat pula akan dilakukan penggantian sparepart. Ada kendaraan dengan tahun pembuatan tua namun jarang digunakan, tentu saja jumlah kilometernya akan kecil. Sebaliknya juga kendaraan dengan tahun pembuatan muda, namun non stop di gunakan setiap hari “kerja rodi” tentu saja akan mempunyai nilai kilometer yang tinggi.

Begitu juga dengan kamera, ketika anda menekan tombol Shutter “jepret” maka secara mekanis part kamera (shutter unit) akan bergerak seiring dengan prosessor sebelum kemudian menghasilkan sebuah gambar. Perbandingannya akan seimbang, satu kali tombol ditekan maka bertambah satu kali pula nilai shutter unitnya. Semakin tinggi jumlah shutter countnya maka semakin banyak pula jumlah gambar yang telah dihasilkan, artinya semakin menurun pula kemampuan sparepart.

Baca Juga  Kamera underwater kemasukan air, bisa diservice?

Setiap merk, tipe dan jenis kamera memiliki batasan (nilai tertinggi) shutter yang berbeda beda. namun secara umum untuk jenis kamera semipro merk nikon (d300, d700) atau Canon (Eos 7D) bisa mencapai hingga 200.000 shutter. sedangkan untuk seri dibawahnya misalnya nikon (D60) hanya bisa hanya mencapai 60.000 shutter. Sedangkan untuk kamera Pro bisa melebihi nilai yang dimiliki oleh kamera semipro.

Cara cek Shutter count kamera Dslr:

1. Cek secara online My Shutter Count.com.  Siapkan foto terakhir yang di bidik dari kamera yang akan di check shutter countnya. Biarkan nama file dan ukuran foto seperti aslinya jangan diganggu gugat. Kemudian setelah webnya terbuka klik browse/upload file. Biarkan sebentar webnya bekerja. Setelah selesai lihat hasilnya, seperti contoh gambar dibawah nilainya 133.954. Berarti kamera anda telah mengambil gambar sebanyak 133. 954 gambar atau shutter telah bekerja sebanyak nilai tersebut. Jika estimasi maksimal dari kamera tersebut adalah 200.000 maka tinggal tersisa sekitar 64.000 shutter lagi. Juga dengan umur kamera yang baru 1 tahun dan jumlah shutter sejumlah tersebut boleh dibilang kamera tersebut cukup keras bekerja (133.954 : 1 tahun = 365 hari= 367 shutter perhari).

Cek Shutter Count di myshuttercount.com

myshuttercount

2. Cek secara offline dengan Opanda exif Viewer. Tapi sebelumnya harus sudah mengunduh programnya disini. Cara kerjanya hampir sama, pilih foto kemudian pilih upload. Biarkan proses berjalan, setelah selesai perhatiakan tulisan “Total Number of Shutter Releases for Kamera” itulah jumlah shutter kamera anda.

Cek Shutter Count kamera dslr canon nikon

Opanda Exif

Update:

Baca Juga  Cara menghilangkan dan membersihkan jamur pada lensa kamera

Untuk Cek Shutter Count Canon juga bisa menggunakan program EOS Info yang dapat digunakan secara offline, tentunya setelah file instalannya sudah didownload. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah file download selesai jalankan aplikasinya dengan mengklik icon, kemudian colokkan kamera menggunakan kabel data. Jika berhasil program akan menampilkan data-data dari kamera tersebut.

Cek Shutter Count Canon EOS Info

Cek Shutter Count Canon EOS Info

Itulah beberapa tool yang dapat digunakan untuk cek Shutter Count kamera dslr anda. Sebagai catatan jumlah Shutter Count bukanlah nilai pasti akan umur part kamera anda, nilai tersebut hanyalah estimasi (nilai perkiraan) saja. Banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan kamera anda lebih cepat atau bahkan lebih lama dari batas perkiraan.

Leave a Reply