Cara menghilangkan dan membersihkan jamur pada lensa kamera

Membersihkan jamur pada lensa kamera

Cara membersihkan jamur pada lensa kamera (gambar: bhphotovideo.com)

Lensakamera.net – Dalam bahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan dan membersihkan jamur pada lensa kamera dslr baik merk canon, nikon serta merk lainnya dengan menggunakan beberapa metode alternatif mulai dari cara paling sederhana hingga ekstrim.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, sebuah kutipan yang juga ada benarnya (baca: Tips merawat lensa agar tidak jamuran atau cara membuat drybox sendiri). Kenapa? karena lensa yang telah jamuran lalu kemudian dibersihkan (apalagi dengan menggunakan cara ekstrim “cairan keras”) akan mengikis atau menghapus elemen “coating” sebagai penyaring cahaya yang masuk, akibatnya akan mengurangi kualitas lensa seperti tingkat ketajaman, warna dan lain sebagainya.

Kembali lagi ke pokok bahasan, untuk membersihkan jamur pada lensa yang sudah terlanjur tumbuh dan berkembang ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Dalam hal ini saya membaginya kedalam beberapa kategori:

Baca Juga  Jual spareparts kamera dslr canon nikon?

1. Jamur ringan
Dalam kategori ini jamur terdapat pada bagian optik luar lensa (baik bagian depan atau belakang) yang dapat langsung dijangkau/dilakukan pembersihan dengan tanpa harus membongkar elemen lensa. Pada tahap ini umumnya umur jamur belum menahun, jadi bisa dibilang masih berupa bakal jamur berupa bintik-bintik dan belum melebar menjadi satu kesatuan jamur yang lebih besar.

Solusi:
Pada tahapan ini jamur dapat dibersihkan dengan cairan pembersih lensa yang banyak dijual ditoko-toko aksesoris kamera. Gunakan kain paling lembut dan bertekstur halus, gosok perlahan dan optik lensa jangan ditekan terlalu keras karena dapat menyebabkan baret halus. Ulangi hingga jamur benar-benar hilang dan lensa kembali bersih. Setelah benar-benar bersih gunakan kertas tisu lensa sebagai proses finishing untuk mengangkat sisa-sisa debu, minyak dan lembab bekas goresan tangan saat proses pembersihan.

Baca Juga  Cara memperbaiki flexibel autofokus lensa Canon 18-55

2. Jamur Berat
Dalam kategori ini bakal-bakal jamur mulai menyatu menjadi satu kesatuan, berukuran relatif lebih besar hingga menutupi seluruh optik pada lensa. Dalam kasus ini biasanya jamur telah berusia bulanan atau bahkan tahunan akibat dari akumulasi pembiaran dari bibit-bibit jamur tanpa segera dilakukan pembersihan. Umumnya juga posisi jamur terletak pada elemen optik lensa bagian dalam yang tidak dapat secara langsung dilakukan pembersihan karena harus melakukan pembongkaran pada elemen lensa yang berarti juga harus memahami tehnik dalam bongkar pasang lensa.

2 Comments

  1. Azam Z Yudi 03/11/2014
  2. Azam Z Yudi 03/11/2014

Leave a Reply