Tips mengatasi Err99 error 99 di kamera Canon EOS

Err99 error 99 Canon Eos

Err99 error 99 Canon Eos

Err99 error 99 pada kamera Canon EOS menjadi bahasan yang kerap ditemui diberbagai forum komunitas fotografi. Tulisan kali ini akan akan mencoba menjabarkan beberapa kemungkinan penyebab terjadi error tersebut serta solusi penanganan singkatnya sebelum memutuskan membawa ke service center.

Perlu diketahui bahwa kode error ditampilkan berarti sistem pada kamera memberikan sinyal kepada pengguna bahwa terjadi malfunction/atau kesalahan pada sistem yang ada pada kamera, setiap kode error yang muncul mempunyai arti dan makna sendiri. Lebih lengkapnya baca Memahami arti kode error Dslr Canon dan solusinya

Dari berbagai sumber err99 error 99 dapat disebabkan dari berbagai masalah pada kamera berupa hal berikut ini:

  • Err99 error 99 akibat masalah komunikasi elektronik antara lensa dan kamera (pin pada mounting lensa/kamera)
  • Err99 error 99 akibat dari penggunakan lensa pihak ketiga (yaitu Sigma, Tamron, Tokina) yang tidak kompatibel
  • Err99 error 99 akibat kerusakan sirkuit elektronik di lensa (kabel fleksibel rusak/putus, mainboar lensa, diafragma macer dsbgnya)
  • Err99 error 99 akibat kerusakan pada sirkuit elektronik pada body kamera
  • Err99 error 99 akibat penggunaan baterai pihak ketiga atau non original /tidak kompatible (simak tips membedakan baterai original dan palsu)
  • Err99 error 99akibat masalah pada¬† firmware, bisa diperbaiki dengan upgrade ke firmware terbaru.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi err99 error 99 pada kamera:

Langkah #1: Test Lensa
ERR99 adalah kesalahan umum ditemui pengguna Canon EOS, paling umum disebabkan oleh masalah komunikasi antara kamera dan lensa.  Misalnya kamu mengubah settingan aperture/diafragma lensa. Kamera akan memerintahkan lensa untuk melakukan perubahan diafrgma, namun jika terjadi kerusakan pada bilah diafragma (Nyangkut,fleksibel putus) perintah ini tidak dapat dilaksanakan oleh lensa dan akibatnya kamera memberi isyarat berupa kode err99 error99

Baca Juga  Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode "busy"

Solusinya:
Coba test menggunakan lensa lainnya untuk memastikan bahwa lensa yang menjadi penyebab masalah. Jika menggunakan lensa lain masalah error tidak muncul maka dapat dipastikan lensa tersebut yang bermasalah, coba lanjut ke tahap #2.

Langkah #2: Bersihkan pin kontak Kamera / lensa
Pada bagian belakang lensa terdapat konektor pin berwarna emas, termasuk di bagian mounting (mulut) bodi kamera. Kedua bagian ini merupakan sarana penghubung antara bodi kamera dan lensa, jika komunikasi terganggu akibat kotoran dan sebagainya maka akan memberikan sinyal error.

Coba bersihkan bagian tersebut menggunakan penghapus pensil secara lembut dan hati-hati hingga bersih (ditandai dengan warna pin yang mengkilap). Jika masalah hanya pada kotoran yang menempel ini maka masalah pada error tersebut telah diatasi.

Langkah #3: Restart Kamera
Hidupkan ulang kamera. Matikan kamera kemudian cabut baterai dari posisinya, biarkan selama 30 detik. Pasang kembali baterai, hidupkan, dan coba ambil gambar.
Langkah sederhana ini ampuh pada berbagai kasus error yang ditemui.

Langkah #4: Lakukan Hard reset
Kamera memiliki 2 baterai didalamnya. Satu yang biasa digunakan dan dapat dicas ulang kemudian batre ke 2 yang terdapat didalam kamera. Batre ke 2 ini biasanya seukuran baterai bios pada komputer atau mirip baterai jam. Masing-masing kamera memiliki tempat tersendiri untuk penempatan baterai ke 2 ini namun umumnya tidak berjauhan dari baterai utama (silahkan browsing untuk mengetahui posisi baterai ked 2 tersebut).

Baca Juga  Kamera Canon EOS 7D dan 60D error baterai berkedip

Baterai ke 2 berfungsi menyimpan settingan, tanggal waktu ketika baterai utama sedang dilepas (dicas).

Setelah posisi baterai di temukan silahkan buka dan cabut baterai dari dudukannya. Untuk menandakan baterai tersebut masih normal yaitu ketika baterai utama dicabut dan dibiarkan lama ketika dipasang dan dihidupkan kembali kamera tidak meminta pengaturan tanggal dan waktu. Jika meminta pengaturan tanggal dan waktu dipastikan bateria ke 2 sudah minta diganti.

Setelah baterai ke 2 ditemukan dan dicabut biarkan dulu minimal 5 menit baru dipasang kembali ke kamera guna mereset pengaturannya ke awal.

Pasang kembali baterai utama kemudian coba mengambil gambar.

Langkah #5: Masalah pada Kartu Memori
Banyak hal yang dapat membuat kartu memori menjadi error dan mempengaruhi fungsi kamera. Coba format menggunakan PC / Laptop kartu memori kamera kamu atau coba gunakan kartu memori lainnya yang sejenis, kemudian nyalakan kembalai apakah masalah sudah terselesaikan.

Jika ke lima langkah diatas dalam mengatasi Err99 error 99 pada kamera Canon EOS anda belum terselesikan, dapat disimpulkan terdapat kerusakan yang memerlukan penanganan lebih lanjut ke Tempat service.

Leave a Reply