Error 30 Canon EOS 5D Mark II

Error 30 Canon EOS 5D Mark II

Error 30 Canon EOS 5D Mark II

Error 30 Canon EOS 5D Mark II apa penyebab dan bagaimana solusi mengatasi nya? simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Singkat cerita seorang teman datang dan membawa kameranya yaitu Canon EOS 5D Mark II, dia mengeluhkan seputar permasalahan pada gear peralatan yang menjadi teman setianya dalam mengabadikan gambar tersebut.

Pada kamera tersebut sesekali ketika sedang menjepret keluar pesan kode error 30 dilayar display, walaupun tidak berpengaruh terhadap hasil foto di memori card namun ia merasa sangat terganggu dengan kondisi tersebut. (Baca : Memahamai Arti Kode error pada Kamera Canon)

Ia bercerita bahwa kamera tersebut memang sering dipakai untuk “perang” mengejar moment diberbagai kesempatan sesuai profesinya sebagai freelance fotografer, sehingga mode dengan FPS tinggi atau continues shooting sangat sering di gunakan.

Selanjutnya juga ia menambahkan bahwa pesan Error 30 Canon EOS 5D Mark II tersebut akan menghilang setelah kamera dihidupkan ulang (On/OFF). Kode error tersebut juga tidak selalu muncul tiap waktu, tapi random pada waktu-waktu tertentu saja.

Baca Juga  Tentang error 01 (err01) pada kamera Canon dan cara mengatasinya

Berangkat dari obrolan tersebut lantas kami menuju ke salah satu tempat service kamera di kawasan Pasar Baru Jakpus (Baca : Daftar tempat service kamera dslr canon Nikon) yang sudah menjadi langganan dan percaya dengan hasil kerjanya dengan harapan kamera tersebut bisa diperbaiki. Kami memilih membawa keservice non resmi dengan asumsi dapat menekan biaya perbaikan ataupun penggantian sparepart.

Layaknya Dokter dan pasien yang sedang berkonsultasi terjadilah beberapa percakapan seputar masalah Error 30 Canon EOS 5D Mark II tersebut . Kesimpulan awal tekhnisi di bengkel memberikan beberapa asumsi atau dugaan awal/diagnosa kerusakan yang terjadi, namun belum bisa dipastikan 100% sebelum dilakukan pengecekan dalam artian pembongkaran. (Baca: Canon EOS 5D “Busy”)

Berikut dugaan awal penyebab Error 30 Canon EOS 5D Mark II:

  1. Ada masalah pada kabel fleksibel yang menghubungkan tombol shutter dengan mainboard
  2. Ada masalah pada shutter blade/hordeng kamera.
  3. Kerusakan mekanis pada blok shutter.
Baca Juga  Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode "busy"

Selesai diskusi tersebut akhirnya disepakati bahwa kamera perlu dilakukan pembongkaran untuk memastikan kerusakan, waktu pengerjaan sekitar 1-3 hari tergantung berat ringannya kerusakan dan ketersediaan parts. Kamera pun terpaksa harus rawat inap.

Keesokan harinya teknisi memberi kabar soal kerusakan Error 30 Canon EOS 5D Mark II tersebut dan menyimpulkan bahwa:

  • Error 30 Canon EOS 5D Mark II pada kasus tersebut disebabkan karena dudukan per (per balik) pada mekanis shutter patah (Bagian Blok Shutter), sehingga per terebut tidak menjalankan fungsinya. Akibatnya kamera memberikan kode error pada layar.

Teknisi memberikan opsi pilihan perbaikan yaitu pertama Ganti satu set blok mekanis shutter baru dengan harga sparepart dibilang relatif tinggi, kedua kanibal atau sparepart bekas yang memiliki kesamaan dengan fungsi yang masih layak dengan harga yang jauh lebih ekonomis. Akhirnya dipilihlah opsi kedua.

Sore hari dikabarin lagi bahwa kamera sudah selesai diperbaiki dan di test fungsi aman lancar.

7 Comments

  1. Yehezkiel Ricky V. 30/12/2015
    • Lensa kamera 05/01/2016
  2. andhika 25/02/2017
    • Lensa kamera 02/03/2017
  3. ahmad ade 16/03/2017
  4. Dwi amanda 17/08/2017
  5. Dwi amanda 17/08/2017

Leave a Reply