Jual spareparts kamera dslr canon nikon?

Jual Spareparts Kamera dslr

Jual Spareparts Kamera dslr Canon Nikon

Artikel jual spareparts kamera dslr canon nikon ini hanyalah berbagi pengalaman tentang alternatif bagaimana memperoleh suku cadang jika mengalami kerusakan pada kamera lensa dan aksesoris lainnya, dalam artian pengerjaan jasa perbaikan dilakukan sendiri atau melalui bengkel-bengkel alternatif (selain service center resmi).

Jika anda membawa unit rusak dan bermasalah tersebut ketempat service resmi kemungkinan besar masalah akan terselesaikan. Namun harus diingat soal dana yang harus disiapkan (tanpa nego) serta lokasi atau posisi anda dijangkau atau tidaknya oleh ketersediaan service center terdekat dikota anda.

Sebagai contoh kasus jika mengalami kerusakan pada autofokus lensa kit Canon 18-55 masalah yang terjadi adalah kerusakan pada bagian parts kabel fleksibelnya. Mungkin untuk kasus ini mulai banyak penjual atau seller bertebaran di jagat maya, ataupun toko-toko service kamera lokal yang menyediakannya dengan harga terjangkau.

Namun sebaliknya jika parts yang dibutuhkan adalah parts khusus atau pada seri kamera atau lensa yang tidak umum (bisa juga jadul) seperti contoh error diafragma pada lensa Canon efs 17-40 yang memputuhkan pergantian parts diafragma unit + fleksibelnya, tentu saja parts penggantinya tidak tersedia secara banyak atau bahkan tidak ada sama sekali dipasaran lokal ataupun forum jual beli online lokal (dalam negeri).

Baca Juga  Tips mudah mengecek jamur di lensa kamera DSLR part 1

Hal yang menjadi catatan:
Pertama yang harus diingat adalah bahwa banyak tempat service kamera alternatif (non resmi) yang secara teknis mampu memperbaikinya namun terkadang terkendala pada ketersedian parts.

Kedua jika spareparts di peroleh kita bisa menekan biaya jasa service (nego).

Lantas bagaimana solusinya guna mencari jual spareparts kamera dslr tersebut?

Solusinya adalah membeli parts pengganti atau komponen yang rusak tersebut di situs-situs jual beli online luar negeri dengan seller yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi terbaik.

Apa nama situs yang direkomendasikan? setelah mencoba belanja adalah di ebay.com. Banyak pilihan item dari berbagai macam penjual baik toko ataupun perorangan dari berbagai negara yang menjajakan barang dagangannya.

Bagaimana langkah untuk belanja disana? pertama anda harus masuk ke situsnya dan cari barang yang diinginkan, baik dengan menyusuri kategori yang ada maupun melalui kolom search pencarian. Setelah menampilkan hasil anda tinggal membandingkan harga barang beserta ongkos kirim serta membandingkan reputasi penjualnya (semakin baik reputasi maka semakin aman). Harus diingat juga bahwa semakin dekat jarak dengan penjual maka ongkos kirim juga semakin murah.

Baca Juga  Begini cara cek garansi Canon dslr secara online

Cara pembayaran : Hal ini yang agak sedikit rumit bagi yang memang belum punya, metode pembayaran yang digunakan adalah menggunakan kartu kredit dan paypal. Lantas bagaimana jika tidak punya keduanya? solusinya adalah menggunakan jasa pembelian barang ebay yang banyak terdapat disitus-situs jual beli lokal seperti di Kaskus (cari yang rekomended seller juga).

Sebagai contoh beberapa waktu lalu order aperture unit + fleksibel lensa Canon EF 17-40 mm di ebay seharga 40 $ dengan ongkir sebesar 6 $, atau jika di rupiahkan sekitar 600 ribuan. Penjual berada di Amrik, dengan waktu pengiriman selama 2 minggu. Secara umum masih dibilang sangat ekonomis, jika dibandingkan dengan harus menganggurkan lensa yang sekarat di drybox.

Itulah sedikit share pengalaman tentang jual spareparts kamera dslr canon nikon dan merk lainnya, sebenarnya pembelian tidak hanya sebatas kamera namun bisa juga unit kamera poket maupun kamera video.

Leave a Reply