Lensa kamera terbaik portrait Nikon

Lensa Kamera Terbaik Nikon

Gambar diambil dengan Lensa Nikon AFD 80-200 F. 2/8 Gen III pada Focal Length 120mm ISO 250

Bagi pecinta foto portrait (potret) dan modelling berikut rekomendasi lensa kamera terbaik Nikon yang dapat dijadikan alternatif pilihan menyesuaikan anggaran dana serta bodi kamera yang dimiliki.

Pada dasarnya semua jenis lensa dapat digunakan untuk memotret foto potret atau modelling, namun untuk memaksimalkan hasil sesuai yang diinginkan serta mempermudah kita dalam pengoprasiannya diperlukan jenis lensa tersendiri yang mempunyai karakter khusus.

Karakter foto potret atau modelling bisa dibilang identik dengan unsur bokeh (blur) baik pada background ataupun foregroundnya. Untuk memperoleh karakter tersebut tentunya cara paling simpel adalah menggunakan lensa dengan bukaan besar atau diafragma besar ( F= 2,8 – 1,8 – atau bahkan 1,4 atau 1,2). (Baca : Tips Membersihkan lensa jamuran)

Baca Juga  Pengen beli kamera? ini daftar toko kamera online Jakarta dan sekitarnya

Lantas apa saja yang menjadi rekomendasi lensa kamera terbaik nikon bersensor APS-C (Crop Sensor) untuk foto portrait dan modelling tersebut, berikut pembahasannya:

Faktor yang menjadi pertimbangan adalah soal harga (ekonomis) terhadap kemampuan lensa.
1. Nikon AFD 50mm F. 1/8
Harga pasaran seken : 750rb – 1jt

Karakter :
Ketajaman gambar tidak diragukan (khas lensa fix). Efek bokeh yang dihasilkan lumayan bagus dan memberi kesan beberapa dimensi pada background, Autofokus lumayan cepat pada kondisi pencahayaan cukup namun sedikit susah pada kondisi minim cahaya. Suara lumayan brisik ketika mencari fokus khas lensa AFD (non motor pada lensa). Autofokus hanya berfungsi pada bodi nikon bermotor seperti : Nikon D80, D90, D300, dst.

Baca Juga  Macam Jenis filter lensa kamera dan fungsinya

Rekomendasi :
Secara umum hasil yang diberikan oleh lensa ini cukup bagus, jika dilihat dari sisi harga. Dan sangat direkomendasikan bagi yang mempunyai budget minim tapi menginginkan hasil yang tidak mengecewakan. Bagi yang memiliki bodi kamera non motor seperti Nikon D3100, D3000, D51000, D5000 terpaksa harus menggunakan metode manual fokus pada lensa ini atau memilih versi lainnya yaitu Nikon AFS 50mm F.1/8 yang telah memiliki motor sendiri pada lensa namun dengan harga bekas yang cukup mahal berkisar dua kali kelipatan harga lensa AFD.

One Response

  1. BUY GoPro HERO4 SILVER AT AMAZON HERE 09/03/2015

Leave a Reply