Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy”

canon eos 5d mark ii menampilkan kode busy

Canon eos 5d mark ii menampilkan kode busy

Berawal ketika layar display atas kamera yang saya gunakan yaitu Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy” ketika tombol pelepas rana (shutter) ditekan. Efeknya pengambilan gambar tidak dapat dilakukan, karena seakan-akan lensa tidak mau mengunci fokus yang biasanya ditandai dengan bunyi beep.

Selanjutnya saya mencoba mengakses menu pada kamera, barangkali saja terdapat pengaturan yang salah atau berubah. Maklum saja gear ini kadang juga biasa dipakai oleh rekan ataupun sahabat. Hasilnya semakin membingungkan, ternyata menu juga tidak dapat diakses atau membuka setelah tombol ditekan berulang kali ditambah dengan sedikit tenaga.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada slot memori card berjenis CF yang menjadi salah satu kelebihan dan seri canon EOS 5D Mark II. Kartu memori pun dikeluarkan dari slotnya, kamera dinyalakan kembali. Lantas mencoba fungsi yang bermasalah tadi, hasilnya semua fungsi yang tidak bekerja sebelumnya kini bisa berfungsi namun dengan tanpa menggunakan media penyimpan data.

Baca Juga  Tentang error 01 (err01) pada kamera Canon dan cara mengatasinya

Sampai tahap pemeriksaan ini permasalahan pada kamera Canon EOS 5D Mark II yang menampilkan kode “busy” mulai mendapatkan titik terang. Pemeriksaan dipusatkan pada sektor slot memori dan kartu memori.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari berbagai forum fotografi luar negeri, solusi dari permasalahan diatas adalah dengan memformat kartu memori cf. Dengan alasan telah terjadi eror yang mengakibatkan kamera tidak bisa membaca/atau mengakses media penyimpanan tersebut sehingga kamera memberi tanda berupa kode “busy”. Pemformatan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer.

Setelah tahap pemformatan kartu memori diatas, seharusnya masalah Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy” tersebut telah selesai dan dapat digunakan dengan normal. Terkecuali terdapat masalah tambahan lainnya.

5 Comments

  1. Pecinta Kamera 27/08/2014
  2. Lensa Kamera 28/08/2014
  3. Belajar Foto 10/02/2015
  4. Raharja 02/03/2016

Leave a Reply