Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy”

Pin slot memori card bengkok dan patah
Bahasan tambahan ini khusus untuk kasus pada kamera Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy” walaupun memori card telah di format ulang seperti yang terjadi pada kamera saya.

Setelah diperhatikan dengan seksama ternyata pin atau kaki-kaki penghubung kamera dengan kartu memori di dalam slot memori bengkok dan patah. Hal ini mungkin disebabkan pemasangan yang salah atau terbalik saat memasukkan kartu memori kedalam slot memori. Ditambah ketika salah atau terbalik penekanan dilakukan dengan cara dipaksa.

Untuk mengatasinya saya mencoba memperbaiki pin yang bengkok tersebut dengan menggunakan bantuan alat berupa pinset berukuran kecil yang dapat masuk kedalam slot memori. Terdapat 3 pin yang bengkok dan saling bersentuhan satu sama lain, satu persatu di luruskan menempati posisi normalnya.

Baca Juga  Kamera digital error, sudah lakukan ini untuk mengatasinya?

Kartu memori dipasang kembali dan ternyata masalah tetap belum terselesaikan, kecurigaan tertuju pada salah satu pin yang nampak kosong setelah dibandingkan dengan slot memori pada kamera lain. Asumsinya pin tersebut terdorong kedalam dan lepas ketika kartu memori dipaksa masuk.

Akhirnya kamera tersebut di bawa ke pusat servis kamera di kawasan Pasar Baru Jakpus, dan oleh teknisi didiagnosa bahwa pin memori tersebut terdorong lepas kedalam. Celakanya patahan tersebut menyebabkan konsleting “short” pada sirkuit mainboard.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan saran, antara memperbaiki mainboard yang konslet atau mengganti unit mainboard baru akhirnya dipilihlah opsi mengganti unit mainboard baru. Dengan alasan ekonomis dan menghindari terjadi masalah lainnya dikemudian hari, mengingat bagian tersebut merupakan bagian vital.

Baca Juga  Tips pertolongan pertama kamera masuk air

Untuk diketahui harga dari unit mainboard baru tersebut cukup lumayan, hampir mendekati dari setengah harga dari pasaran seken kameranya. Tapi tak apalah, yang penting puas dan tetap bisa berkarya tanpa was-was kamera bermasalah lagi.

Sekian dulu bahasan mengenai Canon EOS 5D Mark II menampilkan kode “busy”, semoga memnjadi referensi dan pengalaman bersama. Jika ada pertanyaan dan saran silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

5 Comments

  1. Pecinta Kamera 27/08/2014
  2. Lensa Kamera 28/08/2014
  3. Belajar Foto 10/02/2015
  4. Raharja 02/03/2016

Leave a Reply