Tentang error 01 (err01) pada kamera Canon dan cara mengatasinya

Error 01 (err01) - Mounting lensa

Error 01 (err01) – Mounting lensa

Error 01 (err01) pada kamera Canon Eos secara umum disebabkan oleh masalah komunikasi antara bodi kamera dengan lensa. Komunikasi yang dimaksudkan adalah bagaimana perintah dari kamera (set aperture/diafragma, Speed, fokus dll) tidak dapat ditangkap atau dilakukan oleh lensa dikarenakan terjadi hambatan/kerusakan pada komponen ataupun jalur penghubungnya.

Jika masalah tersebut terjadi kamera akan merespon dengan mengeluarkan kode error 01 (err01) pada layar disiplay dengan pesan tertulis:

Communications between the camera and the lens is faulty. Clean the lens contact.

Atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesianya kira-kira seperti ini ” Terjadi kesalahan komunikasi antara kamera dan lensa, bersihkan lensa/pin kontak”

Baca Juga  Kamera Canon EOS 7D dan 60D error baterai berkedip

Untuk mengatasi tersebut dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut

Langkah #1. Bersihkan pin kontak kamera /lensa
Pada tahap sederhana untuk mengatasi masalah error 01 (err01) tersebut dapat dilakukan pembersihan pada pin kontak (berwarna emas) di mounting (mulut) kamera dan lensa dengan menggunakan bantuan penghapus pensil. Bersihkan dengan cara menggesek perlahan pin tersebut hingga terlihat bersih dari kotoran yang ditandai perubahan warna emas yang lebih mengkilap dari sebelumnya.

Bagi yang beruntung metode sederhana ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi munculnya error 01 (err01) pada kamera Canon yang anda miliki.

Langkah #2. Test dengan lensa lain
Test kamera dengan menggunakan lensa lainnya yang sejenis. Hal ini untuk memastikan bahwa permasalahan ada pada lensa dan bukan pada bodi kameranya. Jika menggunakan lensa lainnya error tidak muncul maka dapat dipastikan lensa yang bermasalah, kamu tinggal membawa lensanya ke tempat service kamera terpercaya atau akan melakukan perbaikan sendiri.

Baca Juga  Error 30 Canon EOS 5D Mark II

Error 01 (err01) yang disebabkan oleh lensa pada umumnya terjadi masalah pada mekanis diafragma/aperture atau kabel fleksibel ribben yang patah/putus. Untuk lensa tipe canon 18-55mm biaya perbaikannya sekitar 150-300 ribu di tempat service.

error 01 (err01) - Mounting kamera  ( credit foto: kpixel.com)

error 01 (err01) – Mounting kamera (Credit foto: kpixel.com)

Error 01 (err01) yang disebabkan oleh masalah pada bodi kamera umumnya disebabkan pada sektor pin kontak hingga kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard utama kamera menuju pin kontak di mounting lensa.

Leave a Reply