Menghapus data exif foto? ini tutorial mudah dan lengkapnya

Menghapus data exif Foto

Menghapus data exif Foto

Bagi anda yang membutuhkan referensi tentang bagaimana cara menghapus data exif foto,  menggunakan software atau program adalah salah satu cara paling cepat dan mudah. Beragam aplikasi tersedia mulai dari yang berbayar sampai yang gratis/freeware, dari yang cara kerjanya manual sampai yang otomatis sekali klik.

Untuk menghapus secara manual kita dapat menggunakan software seperti Adobe photoshop, namun kekurangannya adalah data yang dihapus tidak benar-benar bersih alias meninggalkan sisa.

Sebaliknya menggunakan software tertentu dapat menghapus data exif dengan benar-benar bersih dan juga dengan jumlah file ribuan sekaligus. Salah satu program tersebut adalah FileMind Quickfix.

Seperti dikutip dari lamannya:

Make sure you don’t expose yourself! FileMind QuickFix strips all your personal information and GPS location data from all your photos, with just a single mouse click. It can remove all Exif, Iptc and XMP metadata safely from thousands of JPEG files in just minutes, and automatically makes backup copies of the original files.

Atau dalam bahasa kita diartikan:

Baca Juga  Panduan dan tips membeli kamera bekas terbaik

Pastikan Anda tidak mengekspos diri anda! FileMind quickFix melucuti semua informasi pribadi Anda dan data lokasi GPS dari semua foto Anda, dengan hanya satu klik mouse. Hal ini dapat menghapus semua Exif, IPTC dan XMP metadata secara aman dari ribuan file JPEG hanya dalam hitungan menit, dan secara otomatis membuat salinan cadangan dari file asli.

Cara mengapus exif foto

Cara menghapus data exif foto

Dari petikan diatas terdapat beberapa kelebihan dari software ini:

  1. Data exif benar-benar bersih
  2. Dapat menghilangkan data exif ribuan file sekaligus
  3. Otomatis membuat cadangan file asli, jadi file asli tidak akan terhapus.
  4. Dan terakhir tentu saja gratis

Cara menggunakan:

Pastikan anda telah mengunduh programnya disini tau disini:

  1. Instal programnya dengan mengklik icon 2 kali.
  2. Setelah program terpasang klik untuk menjalankan
  3. Setelah terbuka pilih tombol add/ pilih folder atau file foto yang akan dihapus exifnya. Setelah selesai tekan tombol remove.
  4. Biarkan program bekerja, hasil foto yang telah dihapus datanya akan muncul di folder asli foto tersebut dengan menjadi 2 file, satu file original dan satu file yang telag di hapus exifnya.
Baca Juga  Panduan dan tips membeli kamera bekas terbaik

Semoga tips cara menghapus data exif foto tersebut bermanfaat, Selamat mencoba.

Leave a Reply