Bingung pilih kamera? ini rekomendasi kamera Dslr untuk pemula

Kamera Dslr untuk Pemula

Kamera Dslr untuk Pemula Nikon d3100 (Foto by: Nikonusa.com)

Tertarik belajar fotografi? atau hanya sekedar untuk mengabadikan setiap moment dan pengen tetap eksis? berikut rekomendasi kamera dslr untuk pemula yang dapat dijadikan referensi sebelum nantinya menjatuhkan pilihan.

Secara personal sebenarnya sedikit kurang sependapat ketika membahas seputar pengguna (user) kamera berdasarkan tahapan (Pemula – Menengah – Mahir “pro” ) Versus jenis kamera yang harus digunakan. Mengapa? karena akan timbul pertanyaan selanjutnya seperti “Kamera pemula apakah tidak boleh dipakai oleh mereka yang sudah mahir? atau sebaliknya apakah kamera pro tidak boleh dipakai oleh pemula?.. atau yang lebih jauh lagi Kalau udah jadi fotografer pro tidak boleh pakai kamera untuk pemula karena nanti ngga keliatan pro (gengsi)? sebaliknya juga Pemula memakai kamera pro supaya kelihatan professional?.

Baca Juga  Lomba Foto Bina Marga PU 2015 berhadiah 72,5 jt

Bicara fotografi mungkin lebih tepat jika berorientasi kepada hasil (gambar)  bukan dari mana atau apa (alat) yang menghasilkan gambar tersebut , walaupun tidak dapat dipungkiri faktor alat memberikan kontribusi yang besar terhadap gambar yang dihasilkan dengan catatan didukung kemampuan  lainnya (teknis, sense, keberuntungan).

Oke kembali ke pokok bahasan mengenai kamera dslr untuk pemula tadi, mari kita inventarisir kira-kira apa saja kebutuhan atau kriteria yang harus dimiliki dari sebuah kamera yang akan digunakan untuk kategori tersebut. Faktor ekonomis menjadi salah satu indikator yang wajib dipertimbangkan dalam pemilihan.

Berikut pertimbangannya:
1. Tidak ribet dengan hal-hal pengaturan teknis (maunya tinggal jepret)  jadi lebih cenderung ke mode Pemotretan Auto
2. Tingkat fleksibelitas yang tinggi, artinya kamera harus berukuran relatif kecil dan bobot berat seringan mungkin.
3. Dukungan lensa yang juga autofokus, anti getar (VR – IS), bisa bokeh (blur)  dan juga dari sisi harga lebih ekonomis, artinya jatuh kepada lensa kit bawaan seperti lensa ber FL 18-55. (Baca : Lensa kamera terbaik Nikon)
4. Tidak boros batre karena pokoknya jepret-dan jepret juga kalo gelap nyalain flash body.
5. Memiliki fitur Video, karena paling tidak sesekali akan merekam moment.
6. Memiliki Fitur liveview jadi bisa tidak harus mengintip lewat jendela bidik (view vinder).
7. Range harga termurah namun memiliki fitur dan  kualitas cukup lengkap.

Leave a Reply