Tips pertolongan pertama kamera masuk air

Service tips memperbaiki Kamera Masuk Air

Service tips memperbaiki Kamera Masuk Air. (Photo by: pickandplace.wordpress.com

Kamera masuk air menjadi salahsatu permasalahan yang kerap dialami bagi pengguna peralatan kamera digital maupun peralatan elektronik lainnya seperti halnya gadget dan handphone. Jika mengalami kejadian tersebut, berikut tips service atau cara memperbaikinya sebagai metode pertolongan pertama.

Penyebab kamera kemasukkan air bisa saja dari banyak hal mulai dari yang paling sederhana seperti terkena hujan gerimis, percikan hujan,  maupun yang paling ekstrim seperti jatuh terendam ke air laut ataupun sungai ketika sedang digunakan.

Beberapa seri kamera yang beredar dipasaran memang ada yang telah dilengkapi fitur anti dust (debu) dan anti percikan air, juga kamera yang memang diperuntukkan untuk aktivitas bawah air. Namun tidak ada jaminan bahwa tidak terjadi kebocoran jika melebihi ambang batas teknis yang dianjurkan. Misalnya kamera anti percikan air tapi tanpa sengaja jatuh dan tenggelam diair sudah pasti K.O atau kamera bawah air yang digunakan di luar batas maksimal kedalaman yang dianjurkan juga bisa jadi akan kemasukkan air.

Kembali ke pokok permasalahan, hal penting yang harus diingat adalah peralatan elektronik akan menjadi short (korslet) pada komponennya dan dapat mengakibatkan kerusakan lebih serius akibat terjadi hubungan pendek yang dihantarkan oleh benda cair (air) pada jalur/sirkuit elektroniknya. Jadi intinya dalam kasus ini adalah bagaimana caranya agar cairan tidak menjadi penghantar pada komponen elektronik didalam perangkat sehingga tidak mengakibatkan short yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.

Kerusakan komponen akibat korsleting yang disebabkan kamera masuk air tersebut diantaranya kegagalan pada satu atau beberapa fungsi (tergantung tingkat kerusakan), hingga yang paling parah menjadi mati total (matot). Sebagaimana diketahui rangkaian elektronik didalamnya merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan, dimana jika salah satu komponen tidak berfungsi maka akan mempengaruhi fungsi lainnya atau jika yang terjadi kerusakan adalah komponen utama seperti power supply maka kamera akan mengalami mati total.

Baca Juga  Begini cara cek garansi Canon dslr secara online

Point berikutnya adalah pada tingkat tertentu rangkaian elektronik (mainboard) pada kamera yang terkena air (apalagi air laut) dan telah terjadi dalam waktu lama (diatas 1 minggu) telah menyebabkan kerusakan permanent dimana titik kerusakan sudah sulit untuk dideteksi, maka biasanya para tekhnisi service menolak untuk diperbaiki karena kemungkinan benernya sudah kecil dan jikalau tetap diperbaiki memerlukan biaya tinggi karena penggantian part baru.

Berikut tips atau langkah pertolongan pertama pada kamera masuk air agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah:

1. Lepas sumber daya (baterai)
Hal pertama dan paling penting jika kamera masuk air adalah melepas sumber daya (baterai) agar tidak terjadi korsleting pada komponen elektronik didalamnya.

2. Jangan dihidupkan.
Pada tahap tertentu jika kamera kemasukkan air (benar-benar terendam) jangan sekali-kali mencoba menghidupkannya jika tidak dapat memastikan bahwa komponen didalmnya benar-benar kering dan bebas lembab.

3. Keringkan perangkat
Hal yang paling baik adalah membongkar perangkat dan memisahkan komponen elektronik didalamnya, kenapa? dengan membongkar berarti kita dapat memastikan mainboard benar2 kering dan bebas air terutama sisa-sisa air yang terdapat pada bagian bawah chips atau IC yang tidak kelihatan oleh kasat mata. Untuk kasus terkena air laut yng dibilang keras biasanya menyisakan bekas berwarna putih pada komponen, sebagian teknisi menyarankan membersihkannya dengan menggunakan sapuan tinner (walaupun sifatnya terlalu keras) jadi mesti hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya atau dengan bantuan alkohol dengan persentase tinggi yang kadar airnya rendah dan cepat mengering.

Baca Juga  Ini cara membuat drybox kamera sendiri, mudah dan murah

Untuk mengeringkannya bisa menggunakan beberapa metode alternatif diantaranya:

-. Solder Uap (blower)
-. Pengering rambut hairdryer
-. Meletakkan diatas komponen elektronik yang hangat (Tv, kulkas dll)
-. Meletakkan diatas tumpukan beras (menghisap lembab)
-. Meletakkan didalam drybox dengan silica gel didalmnya.
-. Menjemur diatas atap seng dengan sinar matahari cukup dalam waktu tertentu.

4. Bawa ketempat service terpercaya
Untuk kasus anda tidak bisa/tidak berani  membuka bagian dari komponen didalamnya atau tidak berhasil setelah melalui langkah 1,2,3 maka langkah selanjutnya adalah membawa ke tempat service. (Baca: Daftar tempat service kamera Jakarta).

Dengan melakukan langkah-langkah diatas paling tidak masih ada kemungkinan kamera anda untuk diperbaiki, atau paling tidak kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu parah.

Catatan: Setelah melalui langkah ke 1,2 dan 3 jika tidak berhasil atau anda ragu setelah memperbaikinya sendiri segera bawa kamera ke tempat service yang berpengalaman, semakin cepat maka akan semakin besar kemungkinan bisa diperbaikinya. Menurut beberapa info yang didapat sebisa mungkin jangan lebih dari 1 minggu setelah kamera kemasukkan air, semakin cepat semakin baik.

8 Comments

  1. awan 23/02/2017
    • Lensa kamera 02/03/2017
  2. bajuri baas 07/03/2017
    • Lensa kamera 12/06/2017
  3. Ahmad zubair lubis 27/03/2017
    • Lensa kamera 12/06/2017
  4. Rahman 08/06/2017
    • Lensa kamera 12/06/2017

Leave a Reply