Service Canon G10 G11 G12 lens error

Canon G10 G11 G12 lens error merupakan salahsatu masalah yang sering ditemui oleh para pengguna kamera berukuran mini namun powerfull yang diberi label seri powershot ini. Apa saja penyebabnya dan cara mengatasinya?

Seri kamera powershot hingga saat ini masih sangat diminati para penggunanya karena beragam kelebihan yang dimilikinya, sebuat saja selain ukuran yang kecil, fitur macro pada lensanya, hotsoe yang memungkinkan penggunanya menggunakan flash ekstternal, full manual mode layaknya kamera dslr, layar flip (seri g11,g12) perekaman video kualitas HD yang cukup buat yang hobby vlog dan beragam kelebihan lainnya.

"<yoastmark

Namun dibalik segala kelebihannya, seri kamera ini tentunya memiliki kekurangan atau masalah yang paling sering ditemui. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah masalah pada lensanya yang ditandai dengan pesan dilayar berupa:

Lens Error
Will Shut down Automatically
Restart camera

"<yoastmark

 

Ciri-ciri dari Canon G10 G11 G12 lens error ini ditandai oleh:

  1. Ketika dinyalakan kamera nyala (lensa membuka) lantas keluar bunyi *bib berulang dan lampu led hijau (sebelah tombol power) berkedip beberapa kali
  2. Keluar kode error seperti diatas pada layar
  3. Kemudian kamera mati sendiri dan lensa tetap diluar tidak masuk kembali kedalam body kamera.
  4. Fungsi kamera tidak berjalan (menu, shutter, tombol jepret dsbnya)

Baca Juga : Daftar lengkap kode error kamera canon dan solusinya

Jika kamera kamu mengalami seperti cici-ciri diatas dapat dipastikan bahwa kamera bermasalah pada lensanya. Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan Canon G10 G11 G12 lens error ini?. Ya, paling simpel dan ngga ribet adalah dengan dibawa ke ahlinya tukang service kamera.

Namun jika ingin memperbaiki sendiri ada beberapa tips dan hal hal yang yang harus di ketahui sebelum dilakukan pembongkaran pada kameranya. Agar perbaikan nantinya tidak membuat kerusakan semakin parah:

Pertama, lensa pada kamera canon powershot G10 G11 G12 itu sama tipenya, jadi bisa saling digunakan. Yang membedakan cuma bagian CCD  (sensor/charge-coupled device) yang ada dibagian belakang lensa.

Kedua, kerusakan pada kasus ini pada umumnya disebabkan oleh putus/rusaknya kabel fleksibel yang ada di bagian dalam lensa akibat usia dan pemakaian. Jadi harus dilakukan pergantian pada part yang rusak dan bermasalah tersebut.

Fleksibel Lensa Canon G10 G11 G12

 

Baca Juga : Daftar tempet service kamera di Jakarta

Ketiga, pada ketitga seri ni (G10, G11, G12) terdapat 4 kabel fleksibel didalam lensanya yaitu flexible utama (paling besar) fleksibel fokus, flesksibel shutter dan flexible IS (Image Stabilizer).

Keempat, harus dilakukan pengecekan terhadap keempat kabel fexible tersubut untuk memastikan bagain mana yang rusak dan dilakukan pergantian untuk mengembalikan kamera menjadi normal.

Untuk tutorial memperbaiki atau pembongkaran dapat mengikuti panduan video berikut: Video tutorial memperbaiki lensa Canon G10 G11 G12

 

Estimasi biaya service:

  1. Ke jasa service 300 – 500Rb
  2. Beli unit lensa sendiri 600-900 ribu (Pasar luar) – Diatas 900rb (Pasar lokal)
  3. Beli parts sendiri (4 fleksibel) dan pasang sendiri 100-250rb

 

Leave a Reply